Pantai Ratenggaro

Kawasan Labuan Bajo

KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA, Nusa Tenggara Timur

Salah satu pantai yang indah di Nusa Tenggara Timur adalah Pantai Ratenggaro. Pantai ini merupakan perpaduan antara wisata alam dan budaya karena di dekat pantai terdapat sebuah desa tradisional bernama Kampung Ratenggaro dengan makam batu yang unik dan bersejarah tepat di pantai.

Pantai Ratenggaro berada di desa Ratenggaro, kecamatan Kodi Bangedo, kabupaten Sumba Barat Daya, pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, atau sekitar 35 kilometer barat daya Tambolaka. Pantai Ratenggaro merupakan pertemuan muara sungai dengan laut. Pantai yang bersih,  tenang dan dikelilingi laut biru nan asri dan akan membuat suasana nyaman ketika mengunjungi pantai ini.Pantai ini menjadi salah satu tempat ikoniknya Pulau Sumba, karena dari tepi pantai kita bediri, kita bisa melihat puncak-puncak rumah adat kampung Ratenggaro di seberang sungai.

Kampung Ratenggaro adalah nama sebuah kampung adat yang telah lenyap dan menyisakan kubur-kubur batu. Lokasi ini terkenal karena ditemukannya 304 kubur batu dengan 3 diantaranya yang unik. 3 kubur batu itu adalah kubur batu leluhur yang dulunya berukuran raksasa dan diseret dari kampung ke pantai melewati teluk yang dalam.


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Gunawan Wicaksono



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Timur


Koordinat: -9.6299, 119.0022
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam78
Wisata Buatan7
Wisata Budaya39
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional