Benteng Vredeburg

Kawasan Borobudur

KOTA YOGYAKARTA, DI Yogyakarta

Benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu, dengan dikelilingi oleh sebuah parit (jagang) yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau (bastion) di keempat sudutnya. Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung  dan  Kraton Kesultanan Yogyakarta. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum.

Museum dengan luas kurang lebih 2100 meter persegi  ini mempunyai beberapa koleksi antara lain: bangunan-bangunan peninggalan Belanda, yang dipugar sesuai bentuk aslinya, diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan sebelum Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan masa Orde Baru dan koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto, dan lukisan tentang perjuangan nasional dalam merintis, mencapai, mempertahankan, serta mengisi kemerdekaan Indonesia.

Museum Benteng Yogyakarta, semula bernama "Benteng Rustenburg" yang mempunyai arti "Benteng Peristirahatan" , dibangun oleh Belanda pada tahun 1760 di atas tanah Keraton. Berkat izin Sri Sultan Hamengku Buwono I, sekitar tahun 1765-1788 bangunan ini disempurnakan dan selanjutnya diganti namanya menjadi "Benteng Vredeburg" yang mempunyai arti "Benteng Perdamaian". Pada tanggal 16 April 1985 dipugar menjadi Museum Perjuangan dan dibuka untuk umum pada tahun 1987. Kemudian pada tanggal 23 November 1992 resmi menjadi "Museum Khusus Perjuangan Nasional" dengan nama "Museum Benteng Yogyakarta".

 


Foto: datatempo.co/Denny Sugiharto



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -7.8005, 110.3654
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam375
Wisata Buatan269
Wisata Budaya347
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional