Komplek Makam Sidabutar

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN SAMOSIR, Sumatera Utara

Kabupaten Samosir dikenal dengan banyaknya bukti peninggalan sejarah, salah satunya terdapat di Desa Ambarita kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, yaitu kuburan batu Raja Sidabutar. Desa Ambarita menjadi satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi karena kaya akan peninggalan sejarah di masa kepemimpinan Raja Sidabutar, tokoh yang dipercaya menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Samosir.

 

Makam ini terbuat dari batu alam berukir kepala manusia dan beberapa makam kerabat raja di sekitarnya. Keunikan situs sejarah ini makam tidak tertanam di dalam tanah seperti makam umumnya, tetapi berada diatas permukaan tanah. Sebelum masuk ke lokasi makam wisatawan diharuskan memakai kain ulos (Kain adat Batak Toba), dan wisatawan akan ditemani seorang pemandu wisata yang akan menemani wisatawan selama di situs tersebut sambil menceritakan sejarah raja-raja yang di kuburkan di area makam ini.

 

Sungguh mengagumkan mengunjungi makam raja kuno ini, sebab wisatawan bisa membayangkan betapa orang zaman dahulu telah mampu membuat dan memahat batu sebesar itu menjadi makam beserta ukiran-ukiran yang konon menggambarkan wajah dari almarhum. Di komplek pemakaman ini, wisatawan juga dapat melihat perbedaan dari makam-makam yang ada. Semakin modern makam, bentuknya akan lebih sederhana dan terdapat ornamen berupa tanda salib di kuburnya. Makam yang berusia lebih tua biasanya terbuat dari bebatuan. Untuk mengunjungi makam Raja Sidabutar ini, wisatawan tidak akan dipungut biaya apapun. Namun biasanya di tempat ini terdapat kotak amal di mana wisatawan boleh memasukkan sumbangan seikhlasnya.

 

 

Foto: Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.6513, 98.8606
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam19
Wisata Buatan14
Wisata Budaya22
Taman Nasional2
  • Share Via