Gunung Sinabung

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN KARO, Sumatera Utara

Gunung Sinabung berada di dataran tinggi Karo Sumatra Utara. Gunung Sinabung adalah satu dari 127 gunung api yang ada di Indonesia. Gunung megah dengan tinggi 2.460 meter ini memiliki total empat kawah vulkanik. Ada tiga rute pendakian gunung berapi yang dahsyat. Salah satunya ditandai dengan baik dan dua lainnya kurang jelas. Karena cuaca yang tidak dapat diprediksi, yang terbaik adalah selalu mendaki dengan pemandu yang berpengalaman. Hutan lebat di sisi pegunungan mengarah ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang luas.

 

Pada 27 Agustus 2010, gunung ini mengeluarkan asap dan abu vulkanis. Pada tanggal 29 Agustus 2010 dini hari sekitar pukul 00.15 WIB, gunung Sinabung mengeluarkan lava. Status gunung ini dinaikkan menjadi Awas. Dua belas ribu warga disekitarnya dievakuasi dan ditampung di 8 lokasi. Abu Gunung Sinabung cenderung meluncur dari arah barat daya menuju timur laut. Sebagian Kota Medan juga terselimuti abu dari Gunung Sinabung.

 

Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada tahun 2010. Letusan terakhir gunung ini terjadi sejak 19 Febuari 2018 dan berlangsung hingga kini.

 


Foto: shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.1696, 98.3930
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam30
Wisata Buatan14
Wisata Budaya29
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional