Air Terjun Sipiso-piso

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN KARO, Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso berada di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian air terjun ini mencapai hingga 120 meter dengan mengalir deras membentuk garis vertikal yang lurus. Air terjun ini terletak di bibir kaldera raksasa Danau Toba dengan aliran air dari sungai Pajanabolon. Nama Sipiso-piso diambil dari nama sebuah gunung yang berada di timur laut air terjun tersebut.

 

Air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Di tempat ini tersedia beberapa gazebo untuk tempat beristirahat para pengunjung. Selain itu, tersedia warung makan dan warung souvenir khas Sumatera Utara. Tempat ini memiliki udara sejuk karena berada di perbukitan. Selain itu, banyaknya pohon pinus di punggung bukit dan hamparan Danau Toba menjadi pelengkap pemandangan yang indah.

 

Kita juga diperbolehkan melihat keindahan dasar air terjun. Untuk mencapai dasar air terjun, anda harus memiliki stamina yang fit. Karena perjalanan menuju dasar air terjun, akan melewati beratus-ratus anak tangga. Selain itu, jalanan pun curam dan berkelok-kelok. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan untuk naik kembali keatas, membutuhkan waktu lebih lama karena treknya yang menanjak atau menaiki beratus-ratus tangga.

 

Foto: shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.9164, 98.5195
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam11
Wisata Buatan12
Wisata Budaya19
Taman Nasional2
  • Share Via