Pantai Klayar

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN PACITAN, Jawa Timur

Kabupaten Pacitan menyimpan segudang destinasi wisata pantai yang menakjubkan, salah satunya Pantai Klayar. Pantai yang berhadapan dengan laur selatan ini mempunyai pasir berwarna cokelat muda, menyuguhkan dua fenomena alam. Yakni bentukan bumi atau karst berupa batu karang besar di sekitar pantai dan pancaran air laut yang menyembur dari rongga karang yang disebut blow pipe (pipa menyembur) atau “Seruling Samudra”.

Lautan biru dengan deburan ombaknya terhampar luas di balik perbukitan gersang dan kering. Bibir pantai pun dihiasi batuan karang hijau lumut kecokelatan-cokelatan, juga hamparan pasir yang putih bersih. Tak terlihat sedikit pun sampah yang teronggok di pasir. Keindahan semakin sempurna dengan keberadaan jajaran pohon kelapa yang tumbuh rapi di sepanjang pantai. Perbukitan hijau di sekitar pantai menambah cantik panorama laut ini.

Ya, itulah Pantai Klayar. Letaknya 45 kilometer ke arah barat Kota Pacitan atau tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Walau namanya jarang terdengar sebagai obyek promosi pariwisata, keindahan alamnya tak perlu disangsikan lagi. Jika ke Pantai Klayar, sebaiknya Anda membawa tikar dan bekal makanan sehingga dapat duduk-duduk atau tidur-tiduran sambil menikmati bekal makanan setelah bermain di wisata alam pesisir pantai selatan ini.

Sayang jika kita melewatkan panorama gelombang demi gelombang laut yang saling berkejaran, mengempas menjadi deburan ombak keras di bibir pantai. Suaranya yang nyaring akan menciptakan irama ketenangan tersendiri. Ingat, jangan tergoda untuk berenang jika tidak pandai berenang. Ombak di Pantai Klayar cukup besar.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Ishomuddin



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.2239, 110.9474
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam697
Wisata Buatan474
Wisata Budaya424
Taman Nasional17
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional