Kawah Putih Tinggi Raja

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN SIMALUNGUN, Sumatera Utara

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun tepatnya bagian utara Danau Toba. Kawah ini menjadi bagian dari kawasan Cagar Alam Dolok Tinggi Raja. Kawah ini terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang. Proses ini membentuk bukit kapur putih seperti bukit salju seluas 30 hektar. Kawasan kawah ini juga terdapat sungai dengan air hangatnya, karena sebagian air sungai berasal dari aliran air panas Kawah Putih.


 
Objek wisata ini berada di tengah-tengah kawasan hutan dengan banyak pepohonan. Selain itu, air yang hangat dan sangat jernih menjadi pelengkap keasrian kawah ini. Sumber air panas mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius. Aliran air panas ini mengalir diantarabebatuan kapur yang berundak-undak. Ada dua tempat yang bisa dikunjungi di area objek wisata ini yaitu, Bukit Kapur dengan aliran air panasnya dan Pemandian Alam Bawah Tebing.

 

Akses menuju Kawah Putih Tinggi Raja dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Perjalanan berawal dari kota Medan, Lubuk Pakam, Galang hingga Dolok Raja Tinggi. Perjalanan tersebut memiliki jarak tempuh 80-90 km dengan waktu 3-4 jam. Fasilitas objek wisata ini masih sangat minim. Belum ada penginapan bahkan warung makan. Jadi, alangkah baiknya bila anda membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

 


Foto: shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.1497, 98.7866
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam23
Wisata Buatan14
Wisata Budaya23
Taman Nasional2
  • Share Via