Rumah Bolon

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN SIMALUNGUN, Sumatera Utara

Rumah Bolon atau Gorga adalah rumah adat suku Batak di daerah Sumatera Utara. Rumah ini menjadi simbol dari identitas masyarakat Batak. Dulunya, rumah ini menjadi tempat tinggal dari 13 Raja suku Batak. Rumah Bolon berbentuk persegi empat seperti model rumah panggung. Ketinggian rumah ini adalah sekitar 1,75 meter dari permukaan tanah yang mengharuskan untuk menaiki tangga ketika ingin memasuki rumah tersebut. Tangga tersebut berada di di tengah badan rumah. Atap Rumah Bolon terbuat dari ijuk atau daun rumbia dan berbentuk lengkungan pada bagian depan dan belakang, seperti pelana kuda.
 
Lantai Rumah Bolon terbuat dari papan. Ruangan terbagi atas tiga bagian yaitu Jabu Bona atau ruangan belakang di sudut sebelah kenan, ruangan JabuSoding yang berada di sudut sebelah kiri yang berhadapan dengan Jabu Bona, ruangan JabuSuhat berada di sudut kiri depan. Rumah ini terbuat dari kayu dan tidak memakai paku. Untuk menguatkan rumah ini, hanya menggunakan tali agar tetap terikat satu sama lain. Dan uniknya adalah pada badan rumah Bolon terdapat berbagai ukiran maupun gambar yang memiliki makna sesuai dengan kehidupan masyarakat Batak.
 
Ada enam jenis Rumah Bolon yaitu, Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak dan Angkola. Saat ini, Rumah Bolon adalah salah satu objek wisata di Sumatera Utara. Rumah ini menjadi salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

 


Foto: shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.2238, 98.9741
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam10
Wisata Buatan12
Wisata Budaya16
Taman Nasional2
  • Share Via