Batu Gantung

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN SIMALUNGUN, Sumatera Utara

Batu Gantung berada di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara. Menurut penduduk sekitar, dulunya ada sepasang suami istri dan anak perempuannya di desa kecil tepi Danau Toba. Anak perempuan tersebut bernama Seruni dan ia memiliki kekasih di desa tersebut. Namun, Seruni dilanda kesedihan ketika sang ayah menjodohkannya dengan sepupunya sendiri. Karena kesedihan tersebut, ia mengakhiri hidupnya dengan cara menenggelamkan dirinya ke Danau Toba dengan membawa anjing peliharaannya, Toki. Selain itu, gempa juga terjadi secara bersamaan dengan Seruni membunuh dirinya. Gempa tersebut mengguncangkan tebing di dekat Danau Toba. Yang mengakibatkan bebatuan jatuh menimpa Seruni.


 
Beberapa saat setelah gempa berhenti, muncullah sebuah batu besar menyerupai tubuh gadis yang seolah-olah menggantung pada dinding tebing di tepi Danau Toba. Masyarakat percaya bahwa batu tersebut adalah penjelmaan dari Seruni dan kemudian menamainya sebagai “Batu Gantung”.


 
Saat ini, kawasan ini menawarkan berbagai macam pemandangan alam. Menyusuri Danau Toba dapat menggunakan kapal membuat wisatawan semakin merasa puas. Disana kita akan dipandu menggunakan kapal untuk mengelilingi Danau Toba sampai Pulau Samosir. Harga untuk menaiki kapal tersebut Rp 8-15/orang.

 


Foto: shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.6914, 98.9200
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam9
Wisata Buatan12
Wisata Budaya17
Taman Nasional2
  • Share Via