Pemandian Alam Aek Manik

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN SIMALUNGUN, Sumatera Utara

Pemandian Alam Aek Manik atau Bah Damanik berada di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dulunya pemandian ini adalah tempat pemandian para Raja Damanik beserta keluarganya. Dan sampai saat ini, pemandian ini dikelola oleh para keturunan Raja Damanik. Pemandian ini, menjadi tempat favorit warga sekitar karna airnya yang bersih berwarna biru.

 

Pemandian alam ini masih sangat terjaga keasriannya. Air dari pemandian ini berasal dari sumber mata air yang begitu jernih dan bersih. Tempat ini menyerupai kolam karena air tersebut mengalir sangat perlahan. Air mata dari pemandian ini juga dialirkan untuk irigasi persawahan warga. Selain itu, tempat ini masih dikelilingi pepohonan yang membuat sangat teduh dan nyaman. Bahkan tempat ini menjadi habitat para monyet.


 
Pemandian Alam Aek Manik dilengkapi beberapa fasilitas seperti, rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu. Rumah tradisional tersebut sengaja dibangun oleh pengelola pemandian agar pengunjung dapat berteduh ketika dilanda hujan ataupun tempat berganti pakaian ketika ingin berenang di pemandian.Kita juga dapat menggelar tikar untuk piknik di bawah pepohonan. Dan bahkan dapat melakukan camping dan barbeque di tempat ini.

 

Foto: TEMPO



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.8654, 98.9209
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam17
Wisata Buatan14
Wisata Budaya23
Taman Nasional2
  • Share Via