Gua Kalisuci

Kawasan Borobudur

KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DI Yogyakarta

Di kabupaten Gunungkidul yang terkenal dengan pegunungan karst menyimpan banyak destinasi wisata yang tersembunyi sampai ke dalam tanah, salah satunya adalah Kalisuci. Kalisuci adalah salah satu sungai yang berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Karst Kalisuci menawarkan wisata jelajah cave tubing kalisuci Gunung Kidul kepada para wisatawan. Wisatawan dapat menyusuri sungai yang berada dalam tanah yang memiliki jeram dengan grade yang rendah. Tempat wisata cave tubing Kalisuci lokasinya berada di Dusun Jetis Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta.

Kawasan Karst Kalisuci mempunyai 5 gua yang terhubung dan dapat ditelusuri dalan satu waktu, yaitu gua Glatikan, gua Suci, gua Buri Omah, gua Gelung dan gua Brubug. Sungai yang mengaliri dalam gua-gua tersebut mempunyai lebar bervariasi antara 5 samapai 10 meter dengan air yang sangat jernih. Sungai tersebut dapat ditelusuri menggunakan ban dalam sebagai pengganti perahu. Akan terdapat banyak pemandangan yang disuguhkan di gua selama dalam perjalanan. Airnya yang begitu tenang dan menyegarkan. 

Untuk menelusuri Kalisuci, kalian dapat mengayuh menggunakan tangan untk melakukan penyelusuran diatas air yang berwarna biru kehijau-hijauan. Sepanjang aktivitas cave tubing, karang dan tebing karst di kanan kiri sungai akan tampak terlihat bebatuan yang berwarna-warni. . Di jalur sungainya, mungkin kalian juga akan menemukan kelokan sungai tajam dengan jeram airnya yang deras.

 

Foto: datatempo.co/Suryo Wibowo



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -8.0098, 110.6390
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam377
Wisata Buatan270
Wisata Budaya313
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional