Danau Towuti

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN LUWU TIMUR, Sulawesi Selatan

Danai Towuti menjadi destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi di Luwu Timur. Biasanya pengunjung menikmati kejernihan dan keindahan hamparan air berwarna biru dengan latar belakang perbukitan hijau. Bagian lain dari danau Towuti bila dinikmati saat matahari terbenam menjadikan memori indah setiap pengunjung.

Danau dengan luas 56.108 hektare dan memiliki kedalaman sampai 200 meter merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba. Para ahli juga menyebut danau Towuti sebagai tempat "sejarah" iklim Indonesia. Di Towuti, misalnya, pada kedalaman 135 meter, temperaturnya 1 derajat Celsius lebih hangat daripada di permukaan. Apalagi kurang lebih 30 ribu tahun lalu, bagian darat  sekitar danau Towuti kering, tidaklah tropis seperti sekarang ini.

Keunikan danau Towuti lainya bisa ditemui di tengah danau pada ketinggian 293 meter dpl ini, dapat ditemui tiga pulau, yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar. Pulau terbesar, Loeha, yang merupakan habitat dari beberapa jenis fauna. Keseluruhan di danau Towuti memiliki 26 spesies endemis Sulawesi.



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -2.7271, 121.5142
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam61
Wisata Buatan24
Wisata Budaya34
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional