Grojogan Sewu

Kawasan Borobudur

KABUPATEN KULON PROGO, DI Yogyakarta

Kabupaten Kulon Progo di DI Yogyakarta mempunyai sederet tempat wisata yang menawarkan beragam keindahan panorama alam. Salah satu tempat dengan panorama alam yang menawan di Kulon Progo yaitu ialah Grojogan Sewu. Air terjun yang terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo tersebut konon menjadi tempat pertapaan Prabu Baladewa. Dari kota Yogya diperlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk tiba di lokasi curug.  Rute untuk menuju ke sana cukup mudah karena di sekitar pasar Jonggrangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke lokasi.

Lokasi air terjun Grojogan Sewu Kulon Progo berada di perbukitan Menoreh yang masuk dalam kecamatan Girimulyo. Untuk sampai ke air terjun Grojogan Sewu, penggunjung terlebih dahulu harus berjalan sekitar 200 meter dari pintuk masuk kawasan air terjun. Perjalanan akan terasa menyenangkan karena banyak pepohonan rindang di kiri kanan jalan saat menyusuri jalan setapak.

Kawasan wisata air terjun Grojogan Sewu terbagi dalam beberapa area diantaranya air terjun, taman Grose, kolam, gasebo, dan goa Pleret. Pengunjung yang masuk melalui pintu utama langsung diarahkan menuju air terjun. Kondisi jalan setapak menuju ke air terjun Grojogan Sewu sudah cukup baik dengan diberi papan petunjuk arah disetiap simpangan jalan dan pagar pengaman saat menuruni bukit. Namun pengunjung perlu berhati-hati karena jalan setapak tersebut masih berupa jalan tanah dan becek ketika sehabis hujan. Di beberapa titik jalan diberi tempat duduk dari bambu untuk berisitirahat pengunjung yang kelelahan.

 

Foto: datatempo.co/Denny Sugiharto



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -7.7520, 110.1358
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam92
Wisata Buatan47
Wisata Budaya93
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional