Pulau Edam

Kawasan Kepulauan Seribu

KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU, DKI Jakarta

Objek Wisata Pulau Edam di Kepulauan Seribu Jakarta adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bagi sebagian orang yang mempunyai hobi wisata ke laut/pantai atau bagi yang ingin mencoba mencari alternatif wisata,tentunya objek wisata ini dapat menjadi pilihan yang sangat bagus.

 

Rekreasi dan edukasi,inilah kesan yang akan kita dapatkan bila berkunjung wisata ke Pulau Edam atau dikenal juga dengan Pulau Damar Besar menyimpan banyak sejarah serta masih menyisakan peninggalan yang patut kita ketahui.Ada beberapa peninggalan kolonial Belanda yang ada di pulau ini,baik yang masih utuh berdiri atau yang sudah rusak.,Antara lain, dibagian timur ada bekas benteng yang menyerupai bunker dan juga mercu/menara suar. 

 

Menara suar sampai saat ini masih kokoh berdiri,dan dari atas menara berwarna putih,dengan tinggi menara 52 meter ini kita dapat melihat keindahan bahari di sekitar Teluk Jakarta. Dibangun tahun 1879 oleh Raja Willem III dari Kerajaan Belanda. Jadi,Menara Suar Edam sama atau nama lainnya Menara Suar Damar Besar.

 

Selain itu, terdapat juga kompleks pemakaman seluas 4x6 meter. Di kompleks makam itu terdapat empat makam, dan menurut catatan sejarah, salah satu makam di kompleks pemakaman tersebut merupakan milik Ratu Syarifah Fatimah, ratu keturunan Arab yang berkuasa di Kesultanan Banten atas kehendak Gubernur Jendral Baron van Imhoff.

 

 

Foto: datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -5.9572, 106.8444
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam61
Wisata Buatan96
Wisata Budaya98
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional