Pulau Kelor

Kawasan Kepulauan Seribu

KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU, DKI Jakarta

Dari sekian banyak pulau yang berada dalam kawasan Kepulauan Seribu anda bisa mencoba mengunjungi sebuah pulau bernama Pulau Kelor. Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kerkhof merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsiDKI Jakarta. Jaraknya ke pantai Ancol sekitar 1,8 kilometer atau satu jam pelayaran dengan kapal motor. 

 

Pulau Kelor adalah kawasan wisata yang bersejarah cukup memiliki cerita dan sejarah panjang di zaman penjajahan, oleh karena itu bagi pengunjung yang datang ke sana, akan menemukan beragam peninggalan zaman tersebut dari mulai sebuah benteng peninggalan Belanda dari abad ke-17 bernama benteng Martello. Benteng ini dibangun untuk mempertahankan diri dari serangan Portugis. Ada juga galangan kapal, selain itu  juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda. Pulau ini juga kerap dijadikan lokasi syuting dan foto pre wedding.

 

Akses menuju Pulau Kelor bisa dilakukan dari  Kamal Muara. Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan jarak tempuh kurang dari 1 jam. Selain itu bisa juga dari dermaga antar pulau di Muara Angke atau dari dermaga Marina Ancol juga bisa menjadi akses ke pulau Kelor dengan menyewa speedboat.

 


Foto: datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.0333, 106.7333
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam101
Wisata Buatan112
Wisata Budaya140
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional