Pantai Pengundang

Kawasan Kepulauan Riau

KABUPATEN BINTAN, Kepulauan Riau

Tak hanya keindahan pantainya saja yang memukau para pengunjung, namun perbukitan di sekeliling serta hamparan bebatuan unik yang ditemukan di kawasan ini juga menjadi salah satu pesonanya, selain hamparan ilalang bak savana. Lokasi pantai Pengudang sebenarnya cukup dekat dari ibukota kabupaten Bintan, yakni hanya membutuhkan perjalanan selama kurang lebih 30 menit. Namun karena lokasi menuju pantai ini cukup terjal dan berliku, banyak orang yang belum mengetahui keberadaan tempat ini.

 

Di ujung pantai Pengudang, ada beberapa bongkah batuan besar yang menambah kecantikan di pantai Pengudang. Ketika air laut pasang, bebatuan itu setengah terendam oleh air laut. Namun, ketika air laut surut, kita bisa berjalan menuju bebatuan itu. Di pantai Pengudang, kita bisa menemukan beberapa hewan laut yang berada di pesisir pantai. Kita bisa menjumpai gonggong, ketam, ubur-ubur, serta umang-umang yang bisa terlihat jelas karena airnya yang begitu jernih.

 

Ombak di Pantai Pengudang tak terlalu besar, sehingga kita bisa berenang serta menikmati keindahan yang ada di sana. Di pinggir pantai, terdapat beberapa rumah adat desa Pengudang, di mana rumah-rumah itu dibangun dengan berbahan dasar kayu. Kita juga dapat menikmati segarnya air kelapa karena di pinggir pantainya persis terdapat kebun kelapa milik warga Pengudang.

 

 

Foto: Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Riau


Koordinat: 1.0427, 104.4640
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam10
Wisata Buatan13
Wisata Budaya7
Taman Nasional0
  • Share Via