Pantai Trikora

Kawasan Kepulauan Riau

KABUPATEN BINTAN, Kepulauan Riau

Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari nama “three corral”, yang diberikan oleh wisatawan asing yang kala itu berkunjung ke pantai ini. Namun versi lain mengaitkan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Dimana pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, tengah hangat beredar isu tentang “Ganyang Malaysia”, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu.

 

Selain pemandangannya yang indah, air yang bersih dan dangkal bisa menjadi sarana wisatawan untuk mandi dengan menggunakan pelampung. Kawasan Pantai Trikora terbagi menjadi empat yang masing-masing disebut dengan Trikora 1,2,3 dan 4. Meski semuanya punya kelebihan masing-masing namun yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Trikora 3 yang lebih populer dikenal dengan nama Pantai Trikot. FasilitasFasilitas lain yang tersedia di pantai ini antara lain banana boat, kano, penyewaan pelampung, alat pancing dan juga snorkeling. Jangan lewatkan pula aneka menu kuliner seafood yang dijual di rumah makan yang ada di pesisir pantai.

 

Akses jalan untuk mengakses Pantai Trikora sudah cukup baik, bahkan bisa dilalui hingga empat lajur mobil. Untuk bisa sampai di Pantai Trikora ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan dari Tanjung Pinang sampai dengan perbatasan Kabupaten Bintan. Hanya saja hingga saat ini belum ada akses angkutan umum yang mampu mengantar wisatawan hingga pantai ini. Sehingga sangat disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

 

 

Foto: datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Riau


Koordinat: 1.1419, 104.5855
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam10
Wisata Buatan13
Wisata Budaya7
Taman Nasional0
  • Share Via