Tari Topeng Cirebon

Kawasan Bandung

KOTA CIREBON, Jawa Barat

Tari Topeng Cirebon adalah ikon atau daya tarik juga pesona budaya yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Tarian ini menggugah ketertarikan bagi warga Indonesia juga warga asing. Karena, tarian ini adalah bagian dari sejarah di Indonesia. Pada masa Kerajaan Majapahit, kota Cirebon dijadikan sebagai pusat penyebaran agama Islam oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga. Penyebarannya salah satunya melalu tarian Topeng ini. Dengan cara menarik ketertarikan dan menghibur di lingkungan keraton, maka Islam pun dapat disebarkan. 

 

Tari Topeng memiliki berbagai jenis diantaranya, Tari Topeng Panji dengan mendeskripsikan seorang manusia yang baru lahir dan kesuciannya sehingga gerakan tarian tersebut halus dan lembut. Tari Topeng Samba dengan mempresentasikan fase perkembangan manusia saat masih kanak-kanak yang menjadikan tarian tersebut lincah dan luwes. Tari Topeng Rumyang dengan mendeskripsikan fase kehidupan manusia remaja atau akhil balig. Tari Topeng Tumenggung dengan mempresentasikan kedewasaan manusia dan penuh rasa tanggung jawab. Tari Topeng Kelana atau Rahwana dengan mendeskripsikan visualisasi watak manusia yang serakah dan tidak bertanggung jawab.

 

Tari Topeng  menjadi tarian misterius, sakral dan penuh dengan gairah emosional. Ketika anda menyaksikan tarian ini, tentu saja anda akan merasa sangat bergairah untuk memahami arti dibalik tarian tersebut. Tarian ini sering digelar di acara-acara tertentu. Namun, sudah banyak acara sekolah atau pemerintah menyertakan pementasan Tari Topeng ke dalam acaranya. 

 

 

Foto: Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.7327, 108.5487
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam133
Wisata Buatan106
Wisata Budaya168
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional