Gunung Bawakareng

Kawasan Makassar

KABUPATEN GOWA, Sulawesi Selatan

Gunung Bawakareng berada di Kampung Lembanna, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Gunung ini masuk ke dalam kawasan wisata puncak Malino. Bawakareng memiliki bukit-bukit yang berjejer rapih dan megah. Bukit yang paling tinggi sekitar 2.700 meter diatas permukaan laut. Jika ingin mendaki bukit tersebut, kita harus menyusuri dua bukit dan 10 pos jalue pendakian. Selain itu, kita akan berhadapan dengan pepohonan lebat, kabut tipis, sungai kecil dan berbagai keindahan yang akan menemani setiap jalur pendakian. 

 

Kita juga akan menemukan pohon angker di pos ketiga. Menurut masyarakat, pada tahun 1980-an, ada seorang gadis bernama Noni bunuh diri disana dengan penyebab patah hati. Ia menggantung dirinya di sebuah pohon. Pohon tersebut masih berdiri hingga saat ini. 

 

Setiap hari raya Idul Adha, masyarakat melakukan sholat Idul Adha dan ritual bahkan bermalam di puncak dengan bekal dan pakaian seadanya. Mereka memberikan sesajian untuk mencari berkah dan keselamatan dengan gula merah (simbol manisnya dunia), kelapa (simbol nikmatnya dunia), lilin (simbol mencari terangnya dunia), dan sebagainya. 

 

Akses menuju Gunung Bawakareng, kita harus berkendara dari Makassar. Lalu menaiki angkutan umum berwarna merah jurusan Sungguminasa seharga Rp 3 ribu/orang dan jurusan Malino seharga Rp 25 ribu/orang. Lalu jalan kaki menuju kampung Lembana. 

 

 

Foto: datatempo.co/Iqbal Lubis



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.3022, 119.8871
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam60
Wisata Buatan25
Wisata Budaya35
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional