Puncak Karomba

Kawasan Makassar

KABUPATEN PINRANG, Sulawesi Selatan

Puncak Karomba berada di Dusun Karomba, Desa Sali-Sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Kawasan wisata ini seluas 80 hektar dengn ketinggian 1.200 mdpl. Kawasan ini milik pengusaha perkebunan dan wisata salah satu pengusaha di Makassar.  Objek wisata ini merupakan kawasan pegunungan. Jadi, para wisatawan yang ingin berwisata di kawasan ini harus mendaki aspal yang berlubang, berbatu san bergelombang, tikungan, tanjakan dan turunan sepanjang 28 km.

 

Dari puncak Karomba, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah dan semakin sensasional ketika ada kabut yang menyelimuti kawasan ini. Masyarakat mengenal kawasan ini dengan nama “Negeri di Atas Awan”. 

 

Terdapat fasilitas seperti jembatan gantung, aneka villa dengan arsitektur ala Sulawesi, Toraja, Bugis, Manado dan khas desa setempat. Ketika wisatawan menaiki jembatan gantung, akan merasa terbang mengarungi angkasa. Selain itu, kawasan ini juga memiliki perkebunan khusus seperti jeruk, tin, manggis, durian dan apel yang menjadi pemandangan bagi para wisatawan. 

 

Namun, kawasan ini belum memiliki Listrik PLN, jadi aliran utama listrik kawasan ini adalah kincir air. Juga tidak memiliki warung makan dan jalanan yang belum terbilang aman.

 

 

Foto: datatempo.co/Fahmi Ali



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -3.3447, 119.4810
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam69
Wisata Buatan26
Wisata Budaya35
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional