Ramang Ramang

Kawasan Makassar

KABUPATEN MAROS, Sulawesi Selatan

Ramang-ramang terletak 40 km sebelah utara kota Makassar, tepatnya di wilayah Maros, Sulawesi Selatan. Ramang-ramang adalah gugusan pegunungan kapur terbesar di Indonesia. Untuk menjelajahi kawasan ini harus menggunakan perahu kayu. Satu perahu dapat memuat 1-10 orang. Harga sewa satu perahu mencapai Rp 300 ribu pulang pergi. Sepanjang perjalanan di perahu, waisatawan akan melihat pemandangan yang sangat eksotis. Hamparan tebing-tebing karst berukuran kecil hingga besar juga pepohonan bernama Nipah atau Palem Rawa yang berada di sekitaran sungai. Suasana akan lebih terasa jika terdengar suara-suara burung berkicau dari pepohonan. 

 

Wisatawan akan merasakan kenyaman ketika sampai di Desa Berau. Desa ini memiliki banyak tebing karst berukuran besar yang dapat diandalkan sebagai spot foto. Selain itu, di kawasan ini memiliki hamparan yang sangat luas dengan pepohonan yang lumayan rimbun di sekitaran tebing. 

 

Akses menuju Remang-Remang harus menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi dari Kota Makassar menyelusuri Jalan Poros Maros Pangkep dan berhenti di Pabrik Semen Bosowa. Setelah itu, kita hanya dapat berjalan kaki menuju dermaga yang sudah menyediakan perahu menuju dermaga Berau. 

 

 

Foto: datatempo.co/Fahmi Ali



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -4.9250, 119.6075
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam60
Wisata Buatan24
Wisata Budaya33
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional