Taman Prasejarang Leang Leang

Kawasan Makassar

KABUPATEN MAROS, Sulawesi Selatan

Taman Prasejarang Leang Leang berada di Kabupaten Maros, Makassar, Sulawesi Selatan. Taman ini adalah wisata sejarah budaya peradaban manusia purba. Lukisan telapak tangan manusia dan babi rusa yang terpampang di dinding gua dan beragam artefak lainnya menjadikan keunikan di taman ini. Keunikan lainnya terdapat di gua prasejarah yang tersebar di perbukitan cadas Maros Pangkep. Di dalam gua Pettae dan Petta Kere ditemukan lukisan telapak tangan dan satu gambar babi rusa sedang loncat dengan anak panah di bagian dada. 

 

Beberapa lukisan prasejarah telah menceritakan kehidupan sosial, aktivitas harian dan kepercayaan yang dianut pada jaman tersebut. Dan menurut masyarakat sekitar, lukisan telapak tangan tersebut adalah cap tangan milik salah seorang anggota suku usai ritual potong jari. Ritual dilakukan sebagai tanda berduka atas kematian seseorang. 

 

Kawasan ini memiliki gugusan tebing batu dengan bentuk yang khas dan unik serta gunung-gunung batu yang kokoh. Selain itu, kawasan ini memiliki sungai dengan air yang bersih. Wisatawan dapat bersantai di pinggir sungai tersebut. Kawasan ini menyediakan fasilitas, yaitu area outbound, rumah adat, baruga, shelter, toilet umum, jalur tracking, papan interpretasi, parkir dan loket penjagaan.

 

 

Foto: datatempo.co/Sakti S. Karuru



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -4.9718, 119.7079
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam61
Wisata Buatan23
Wisata Budaya33
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional