Taman Buaya Tanjung Pasir

Kawasan Tanjung Lesung

KABUPATEN TANGERANG, Banten

Taman Buaya Tanjung Pasir berlokasi di Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten. Tanjung ini merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia maupun luar negeri. Pada mulanya, kawasan ini adalah tempat penangkaran hewan reptil. Namun, pada tahun 2005 pemerintah memutuskan menjadikannya sebagai objek wisata. 

 

Reptil yang dimaksudkan adalah buaya. Hewan melata ini memiliki tulang-tulang iga seperti Dinosaurus pemakan daging. Namun, manfaat yang didapatkan pada buaya adalah daging yang dapat dinikmati dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan tas atau dompet dll. 

 

Kawasan ini memiliki luas 5 hektar dengan pemandangan buaya. Selain itu, fasilitas di kawasan ini yaitu, rest area, mushola, kamar mandi, toko-toko souvenir dengan kerajinan dari kulit buaya, serta rumah makan dengan masakan sate buaya. Koleksi reptil di kawasan ini sangat beragam yaitu, mulai  yang baru menetas dari telurnya, usia 40 tahun hingga 70 tahun. Ada juga buaya dengan umur 100 tahun berada di kawasan ini. Koleksi reptil di kawasan ini mencapai lebih dari 500 ekor.Kandang dalam kawasan ini terbuat dari pagar besi, wisatawan harus dan tetap dapat melihat dengan aman sebab pagar besi dibuat cukup besar serta sungai kecil yang mengelili pagar tersebut. Namun, bagi para wisatawan harus tetap menjaga jarak untuk keselamatan diri sendiri. 

 


Foto: datatempo.co/Marifka Wahyu H



Destinasi lain di Kawasan Banten


Koordinat: -6.0312, 106.6679
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam107
Wisata Buatan110
Wisata Budaya140
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional